Kamis, 24 Agustus 2023

Batmeter77 Aplikasi Alarm Batrai Laptop di Linux

 

Batmeter77 adalah aplikasi alarm batrai yang berjalan di linux. Sengaja dibuat walau pembuatnya tidak mempunyai laptop sama sekali. Kali aja ada yang mau mencoba aplikasi ini di laptopnya. Atau ada yang mau memberi/membelikan laptop baru ke pembuatnya kali aja ada orang yang merasa kaya. Kalaupun tidak merasa kaya tenang saja batmeter77 adalah aplikasi gratis.

Aplikasi ini akan memberikan alarm atau peringatan jika batrai laptop perlu dicas ke charger maupun dilepas dari charger. Alarm berupa audio nama pemilik laptop dan berupa notifikasi di layar monitor linux.

Perlu setting crontab agar aplikasi ini bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Saya contohkan selama 10 menit sekali akan dieksekusi oleh sistem linux. Contoh :

*/10 * * * * ~/Music/batmeter77 33 99 "dolarmoro dot blogspot dot com"

Namun untuk versi terbaru sudah otomatis dibuat crontabnya oleh batmeter77.

Aplikasi yang perlu di install yaitu :

  1. acpi
  2. notify-send 
  3. espeak 

.Silakan install terlebih dahulu di sistem linuxnya. Jika terdapat error silakan email ke saya errornya apa beserta screenshoot saat error ke emasmoro@gmail.com kali aja saya bisa memperbaikinya kembali. Setelah download filenya ekstraksikan di ~/Music/batrai. Sehingga path file batmeter77 menjadi ~/Music/batrai/batmeter77. Lalu jalankan batmeter77. Modif crontab batmeter77 yang telah dibuat sesuai selera.

Tidak perlu user setara root untuk menjalankan Batmeter77 jadi aman. Cukup user biasa saja itu sudah cukup. Bahkan tidak perlu koneksi internet untuk menjalankannya.

Ayo siapa yang mau donasi hardware berupa laptop baru ke pembuat Batmeter77. Rencananya jika mendapat kiriman laptop/uang seharga laptop baru dari orang kaya ada penambahan fitur :

1. pemberitahuan dengan suara menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Jadi tidak akan mengunakan program espeak lagi.

2. penambahan quote 

3. pemberitahuan jam dengan bahasa Indonesia.

Batmeter77 bisa di download disini dan untuk film perdananya bisa ditonton disini dengan judul Batmeter77 The Movie.

Batmeter77 can be downloaded here and the first film can be watched here with the title Batmeter77 The Movie.

-----------------------------

Linux adalah merek dagang Linus Torvalds. MX Linux adalah merek dagang komunitas MX. Windows adalah merek dagang Microsoft Corporation. Android adalah merk dagang Google LLC. Nama merek dagang yang disebut di web ini mengacu ke pemiliknya masing-masing. 
 
Kontak, koreksi, donasi maupun saran bisa hubungi emasmoro@gmail.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar